Selasa, 01 November 2022

Cara membuat GrowID Growtopia 2022 - Lengkap beserta solusi jika terjadi kegagalan

Oke kawan - kawan kali ini kami mau memperbarui artikel Cara Membuat GrowID untuk pemula Growtopia di Tahun 2022 berhubung sampai sakarang game growtopia masih terus saja ramai dimainkan, dan juga banyak kawan kawan pemula growtopia yang ternyata banyak mengalami kesulitan saat tahap pembuat GrowID.

Berdasarkan pengalaman kami, membuat akun Growtopia atau GrowID memang bisa susah susah gampang. Gampang jika tidak ada kendala saat pembuatan akun, namun jika kendala muncul hal ini malah bisa menjadi masalah yang serius terutama bagi kawan kawan yang masih pemula. Karena memang, pembuatan akun di growtopia ini dari dulu sampai sekarang selalu saja bisa terdapat masalah didalamnya.

Artikel kali ini akan berisi tentang bagaimana cara membuat GrowID untuk pemula dan juga beberapa solusi bagaimana jika terdapat kendala saat pembuatan akun. Oke langsung saja kawan kawan bisa simak cara pembuatan GrowID dibawah ini :

Cara Membuat GrowID Growtopia 2022.

1. Siapkan Email dan Game Growtopianya.

Pertama - tama tentu kalian perlu menyiapkan Akun Email dan game growtopia untuk membuat akun GrowID. 

Email bisa terserah kalian mau dari Gmail atau apapun tidak apa selama email bisa di gunakan untuk menerima email verifikasi dari growtopia nantinya.

2. Buka game Growtopia dan Play Online.

Jika kalian baru pertama menginstal growtopia, maka ada permintaan izin akses media di handphone kalian, kalian izin kan saja tidak apa apa.

Kemudian pada tahap awal kalian akan diminta mengisi umur kalian. (Ini tidak mempengaruhi gameplay nantinya jadi mau kalian isi berapapun juga tidak masalah).

Selanjutnya kalian akan di sajikan berbagai document seperti ketentuan - ketentuan bermain, dll.. kalian setujui saja semua.

3. Masuk kedalam game dengan akun Guest (Tamu).

Pada tampilan awal login, kalian akan memiliki opsi untuk login menggunakan akun GrowID yang sudah ada atau akun baru (Akun guest). Karena kalian masih belum memiliki GrowID, maka tentu saja kalian login dengan akun guest.

Caranya : Isi kolom name yang ada di pojok kiri layar > kemudian tap connect. 

Selanjutnya game akan memproses membuat akun baru kalian.

Saat pembuatan akun baru ini lah yang biasanya terjadi kendala yang mana membuat kita bisa gagal dalam membuat akun guest. Masalah - masalah yang sering terjadi jika pembuatan akun baru gagal biasanya adalah seperti Alamat IP sudah tidak bisa membuat akun lagi atau koneksi internet bermasalah padahal internet kita baik baik saja. Untuk solusi dalam hal ini akan kami bahas dibagian bawah artikel, untuk sekarang kami bahas terlebih dahulu pembuatan akun. 

4. Menyelesaikan Tutorial.

Setelah pembuatan akun berhasil dan kalian berhasil masuk kedunia Growtopia, Hal pertama yang akan tampil adalah tawaran untuk menyelesaikan tahap tutotial  di awal game.

Jadi terdapat sedikit tutorial awal tentang bagaimana cara bermain di growtopia, kalian ikuti saja langkah dan petunjuk yang disediakan

5. Dapatkan GrowID.

Setelah tahap tutorial selesai dimana kalian sudah mendapatkan satu world growtopia milik kalian, langkah selanjutnya adalah tinggal mendapatkan GrowID. Berikut langkah langkahya

a. Pertama - tama masuk dulu ke world apa saja, bisa world milik kalian pada tahap tutorial tadi.

b. Tap Menu icon di bagian pojok kanan atas.

c. Tap get Grow'ID

d. Isi Name dan Password yang ingin kalian gunakan. 

Catatan :
Name tidak boleh sama dengan nama akun growtopia lain, jika nama yang ingin kalian gunakan sudah diambil orang lain, maka cobalah tambahkan angka atau kata unik lainnya agar name tersebut bisa dipakai.
- Password harus berisi 8 - 18 karakter dan minimal harus memiliki satu huruf, satu angka, dan satu karakter spesial seperti @#!$^&*

d. Isi kolom Email.

e. Sudah selesai tap Get My GrowID!

f. Jika berhasil, maka akan tampil notifikasi berhasil seperti berikut.

g. Selanjutnya kalian perlu login ulang di game menggunakan GrowID yang sudah dibuat tadi untuk menerima notifikasi email verifikasi seperti berikut.

h. Verivikasi email, 

- buka emal. 
- Akan ada email masuk dari Growtopia yang berikan alamat url untuk verifikasi akun kalian. Klik Verify Email Address.

i. Selesai.

......

Oke itulah tadi bagaimana cara membuat GrowID jika tidak terjadi kendala saat membuatnya. Selanjutnya akan kami bahas bagaimana jika saat pembuatan akun terdapat masalah dan bagaimana solusinya sebagai berikut :

Masalah masalah yang sering terjadi ketika tidak bisa membuat GrowID.

1. Tidak bisa membuat akun baru karena Alamat IP atau Device ini sudah melampaui jumlah batas pemubuatan akun.

Solusi : 

- Gunakan Alamat IP yang berbeda. Bisa menggunakan VPN atau cukup dengan nebeng Wifi tetangga.

- Gunakan Aplikasi pengganda seperti Parralel Space, Parralel Space akan berfungsi layaknya divice yang berbeda di handphone kita sehingga kita bisa bermain dengan alamat divice yang berbeda untuk menghindari jumlah masalah jumlah maksimal pembuatan akun dari satu divice sudah maksimal.

- Jika malasah terdapat pada divice dan Ip sekaligus maka gunakan 2 sulusi diatas sekaligus (gunakan Parralel space dan juga VPN berbarengan).

- Jika saat menggunakan VPN tetapi kalian malah tidak bisa terkoneksi kedalam game (selalu error). Maka kemungkinan masalahnya adalah pada VPN kalian. Coba matikan dan hidupkan kembali VPN tersebut atau sekaligus gunakan flag negara lain agar IP nya juga terus berubah dan coba kembali berulang kali sampai kalian berhasil login kedalam game. 

2. Bug kolom name akun tamu growtopia tidak bisa di klik sedangkan kalian tidak bisa masuk dengan akun GrowID karena kalian memang belum memilikinya!

Solusi :

- Instal ulang Growtopia.

- Jika tidak berhasil, minta teman kalian untuk masuk ke growtopia kalian kemudian log out, setelah log out lepaskan centang (i have grow id) dan kolom name guest akun sudah bisa dibuka.

3. Koneksi bermasalah tidak bisa masuk kedalam game padalah internet baik baik saja.

Solusi :

- Coba aktifkan mode pesawat saat berada didalam game untuk sementara waktu kemudian coba kembali login.

- Jika koneksi kalian berasal dari Wifi coba putuskan dahulu dan gunakan internet data kalian, jika masih belum berhasil coba gunakan Wifi lain atau provider kartu yang berbeda dari yang sedang kalian gunakan sekarang (Coba Telkomsel / Smartfren) 

- Instal ulang Growtopia.

- Jika belum berhasil coba gunakan VPN atau perubah proxy seperti aplikasi VPN 1.1.1.1 di Playstore.

3. Unable to log on: Unfortunely your computer has a Mac address of 02:00:00:00:00:00 which is invalid.

Solusi :

- Sama seperti masalah (1) terdapat masalah pada divace maka coba gunakan Aplikasi pengganda seperti Parralel Space yang bisa merubah alamat divice kita.

- Jika masalah ini sudah teratasi tetapi malah terdapat masalah lain seperti masalah IP Address (poin 1) maka gunakan Parralel space sekaligus dengan VPN atau cukup wifi tetangga untuk merubah IP.

....

Penutup

Itulah tadi bagaimana cara membuat GrowID atau akun baru Growtopia untuk pemula di tahun 2022 ini sekaligus dengan cara bagaimana mengatasi masalah jika terdapat kendala saat pembuatan akun. 

Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kawan kawan, akhir kata kami ucapkan terima kasih sudah berkunjung kesini.

Latest
Next Post

4 komentar:

  1. Aku kok gak bisa ya bang buta grow id nya katanya alamat ip gagal gitu itu kenapa ya

    BalasHapus
  2. Aku juga gabisa buat growid,katanya harus buat password yang susah ditebak, padahalkan udah berkali-kali massukin passwordnya tapi koq masih gak bisa masuk ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. passwordnya harus ada minimal 1 huruf kecil dan 1 huruf kapital, sama min 1 angka, dan yg paling sering klewat itu simbol(@#$^&*) harus ada juga. jangan lupa passwordny ga boleh kurang dari 8 dan gaboleh lebih dari 16 digit.
      CMIIW :) semoga membantu

      Hapus